Pengenalan Komputer Dasar

Pengenalan Komputer Dasar - Jika Anda melihat sebuah komputer tentu saja Anda sudah tahu kalau tidak ada sebuah bagian dari komputer yang disebut dengan “komputer” . Karena sesungguhnya komputer itu adalah gabungan dari beberapa hardware maupun software. Komponen komputer yang disebut hardware adalah perangkat komputer yang dapat dipegang sedangkan software perangkat komputer yang tidak dapat dipegang dan memerintahkan hardware untuk melakukan perintah.


perangkat komputer

Di bawah ini akan saya deskripsikan beberapa bagian komputer yang umum. Mungkin komponen komputer anda miliki tidak disebutkan di bawah ataupun komponen komputer di bawah ini tidak memuat bagian komputer Anda. Jika Anda memiliki sebuah notebook atau laptop tentu saja akan kelihatan berbeda dengan ilustrasi komponen komputer di bawah ini karena beberapa bagiannya digabung menjadi seukuran laptop atau notebook.

Komponen-komponen Komputer – Sistem Unit
Komponen komputer yang satu ini juga sering disebut CPU ( Central Processing Unit ) . Bagian ini berbentuk balok. Di dalamnya ada komponen penting komputer yang berfungsi sebagai otak komputer yakni processor . Selain itu juga ada RAM ( Random Acces Memory ) yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara dan semua data didalamnya akan terhapus ketika komputer dimatikan selain itu juga ada VGA card, Sound card, dll. Biasanya semua komponen komputer terhubung pada sistem unit ini.

Komponen Komputer terdiri dari beberapa alat komputer  – Storage
komponen-komponen komputer

1.Harddisk
Harddisk merupakan tempat penyimpanan data utama di komputer Anda. Kemungkinan juga ada beberapa Harddisk di dalam komputer Anda. Data akan disimpan dalam sebuah disk yang terbuat dari plastik ataupun logam. Beda seperti RAM, data di Harddisk tidak akan hilang walaupun komputer dimatikan.

2.CD dan DVD

Biasanya hampir semua komputer pada zaman ini memiliki komponen untuk menjalankan CD dan DVD yang disebut CD Drive . CD Drive menggunakan laser untuk menulis dan membaca data dari CD/DVD. Beberapa CD dan DVD tidak bisa diubah kembali datanya setelah disimpan. Perbedaan CD dan DVD terlihat dari ukuran data yang bisa disimpan. Jika CD biasanya sebesar 700 MB sedangkan DVD sebesar 4GB (4000MB).

3. Mainbord / Motherbord
4. Prosesor

5. Ram (Random Acces Memory)
Berikutnya adalah Ram yang singkatan dari Random Acces Memory yang befungsi sebagai media penyimpanan pada komputer yang mendukung kinerja Processor pada saat melakukan proses kumputing.  Jika di lihat dari fungsi nya Ram merupakan bagian dari Otak komputer yang penting.

6. Power Supply
Power Supply merupakan  komponen hardware ke 6 (enam) yang berfungsi sebagai tempat penyaring listrik yang masuk ke komputer yang kemudian di kirim ke Mainbord/motherboar, dengan demikian semua komponen, Hardisk, VGA, Ram, dll bisa menjalankan fungsinya masing-masing.

7. Cassing
Cassing adalah komponen komputer dengan bentuk segi empat dengan bentuk persegi panjang. Cassing berfungsi sebagai pembalut yang menata semua perangkat komponen di atas.

Pengenalan Komputer Dasar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Comments
0 Comments