Tutorial Mz-Tools

Bagaimana cara menggunakannya Mz tool pada visual basic - Meskipun Visual Basic versi 6 ini sudah berumur 10 tahun lebih tapi bahasa pemrograman yang satu ini masih setia memberikan saya beberapa kali pendapatan tambahan. Dengan service pack ke-enam ini saya sangat jarang mendapat masalah dengan IDE yang sangat terkenal ini. Dan saya selalu di temani dengan satu alat yang selalu nempel kaya perangko di VB 6.0 ini. Alat ini sangat membantu saya dalam pengoperasian VB 6.0.
Tutorial Mz-Tools
Mz-Tools

Alat ini saya temukan atas rekomendasi dari para anggota forum Visual Basic. Nama alat ini adalah MZ-Tools. MZTools ada dua versi yaitu 3 (untuk VB 6 dan VBA) dan versi 6 untuk .NET programming.

MZ-Tools banyak sekali fungsi-nya dalam Visual Basic, seperti task list, visualisasi Tab Index jauh lebih representatif, membantu pembuatan blok Select Case, membantu pembuatan prosedur, membuat template code sehingga ketika kita ingin gunakan tinggal panggil aja, pembuatan error traping yang sangat customizing, dan masih buanyak lagi… pokoke mak nyusss dah…

Untuk menggunakan tool ini langkah yang perlu anda ambil adalah:
1. Ekstrak hasil download ke folder tersendiri, saran saya ke folder C:\MZtools. Silahkan ambil Mz-toolnya di group Tutorial visual basic indonesia


2. Registrasikan library MZ-Tools ke sistem dengan cara buka Run dialog (menu Start -> Run atau pencet tombol Windows + R), ketikkan regsvr32 c:\mztools\mztools3.dll lalu tekan Enter.


3. Jika semua berjalan dengan benar, maka anda akan mendapat pesan bahwa library file tersebut sudah teregistrasi dengan benar.

4. Lalu buka Visual Basic 6 anda dan anda akan melihat toolbar baru di bagian atas IDE VB 6.0 anda.




Nah, sekarang VB 6.0 anda akan semakin powerful dengan alat ini (at least for me).

Fungsi-fungsi MZ-Tools ini yang sering saya gunakan adalah:
1.  TabIndex Assistant, dengan fungsi ini saya bisa mengurutkan urutan TabIndex dari semua control di satu form dengan sangat mudah. Ini keliatannya sepele tapi jika control anda dalam satu form banyak, ini akan sangat membantu


2.  Task List, dengan fungsi ini saya akan menuliskan ide-ide saya untuk program tersebut sehingga saya tidak akan pernah lupa dan kehilangan ide tersebut.

3.  Template blok prosedur, dengan fungsi ini saya akan mempunyai keseragaman blok-blokt tertentu. Misalnya error handler, saya tinggal set aja sesuai keinginan saya dan semua akan seragam. Ini akan mempermudah error tracing kita nantinya.  Untuk menggunakan template ini, klik aja ikon Add Error Handler di MZ-tools toolbar.


5.   Clear Immediate Window, Close All Windows, Collapse Project, ini terlihat sepele tapi akan sangat menghemat banyak klik mouse kita nanti.

Tutorial Mz-Tools Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Comments
0 Comments