Menggunakan ADO dengan Visual Basic


Pada umumnya projeck  memerlukan beberapa bentuk pengakses data. Microsoft ActiveX Data Objects (ADO) pada Visual Basic adalah teknologi Microsoft yang dapat menyediakan antarmuka pemrograman antara User Interface (bisa Windows atau WEB). projeck dengan berbagai sumber data. Model Objek ADO menyediakan objek-objek, properti dan methode untuk membuat projeck  yang dapat mengakses dan memanipulasi data. 

ado visual basic


Perhatikan, fokus kita sekarang adalah pada gambar yang ditandai oleh garis hijau yaitu 
mulai dari Visual Basic - ADO - OLE DB - SQL Server (pada tutorial ini database yang dipakai adalah database SQL Server). Data Consumers Pemakai data (data consumers) adalah projeck  yang memakai data yang diekspos oleh penyedia data (data provider).  ADO adalah antarmuka yang dapat diprogram untuk mempergunakan data. Service Components adalah elemen-elemen data yang memproses dan mentransport data dan meningkatkan fungsionalotas dari data provider/penyedia data. 

Data Providers Data providers/penyedia data adalah projeck , seperti MS-SQL Server. Penyedia data/data provider ini mengekspos antar muka OLE-DB untuk menyediakan data bagi pemakai data/data consumers secara langsung. 

Bagaimana Hubungan OLE DB dengan ADO? 
ADO telah dirancang sebagai satu antar uka yang dibutuhkan untuk pengembangn program single dan client/server multi tier, seperti projeck  Data Berbasis WEB ataupun Windows.

Keuntungan utamanya adalah kemudahan pamakaian, kecepatan tinggi, konsumsi memory rendah dan konsumsi sumberdaya disk yang rendah. ADO menyediakan kemudahan antarmuka ke OLE DB. 

ADO mudah dipergunakan karena mempergunakan antarmuka COM automation yang tersedia pada Alat-alat pengembangan perangkat lunak yang cepat termasuk Visual Basic, Java, VBScript, JScript dan C/C++.

Mengenal Objek-objek ADO 
Objek ADO menyediakan kemudahan dan kecepatan akses pada semua jenis data. Model Objek ADO terdiri dari tiga komponen utama yaitu: Objek Connection, Objek Command dan Objek Reordset. 

visual basic


Objek Connection membuat hubungan antara projeck  web kita dan sumber data luar, seperti SQL Server atau Data MS-Access. Objek ini juga menyediakan mekanisme untuk mengadakan hubungan, melakukan pencarian dan melakukan transaksi, Ini adalah objek yang paling tinggi levelnya pada model Objek ADO. 

Objek Command dipergunakan untuk melakukan pencarian, termasuk parameter khsus yang dimasukkan oleh pemakai, mengakses rekaman dati sumber data.

Pada umumnya, rekaman-rekaman ini dikembalikan dalam bentuk Objek Recordset. Objek command dibuat dari tabel basis data, query yang tersimpan atau Query Bahasa Pencarian Terstruktur/Structured Query Language (SQL). 

Objek Recordset dipergunakan untuk mengakses rekaman-rekaman yang dikembalikan dari query SQL. Anda mempergunakan Objek Recordset untuk menyajikan data kepada pemakai. Objek Recordset ini juga dapat dipergunakan untuk memperbaiki, menambah atau menghapus rekaman-rekaman pada sumber data.

Menggunakan ADO dengan Visual Basic Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Comments
2 Comments