Error Handling dengan Visual Basic

Error Handling dengan Visual Basic - Bagaimana implementasi penanganan kesalahan dan bagaimana mendapatkan informasi yang bermanfaat terkait dengan kesalahan yang terjadi ?apabila anda ingin mendapatkan informasi detail mengenai kesalahan yang berhasil di tangkap , gunakan methodErr. Dengan kode program sebagai berikut :


Dim dblRes As Double

On Error goto ErrHandler
‘ ini akan menimbulkan kesalahan
‘ sehingga perlu di-trap

‘ Jika , ini tidak akan di eksekusi
MsgBox (“Hasil : ” & dblRes)

‘ Jika error, ini tidak akan di eksekusi
Exit Sub

ErrHandler :
     ‘ Misalkan kode kesalahan diketahui
If (Err.Number = 11) then
     MsgBox (“Pembagian dengan Nol” & vbCrLf  & _”Kode kesalahan : “ & Err.Number & vbCrLf & _ “Deskripsi : ” & Err.Description & vbCrLf  & _”Sumber : ” & Err.Source)
Else
     MsgBox (Kode kesalahan : “ & Err.Number  & _ “Deskripsi : ” & Err.Description & vbCrLf  & _”Sumber : ” & Err.Source)
End IF

Dalam menangani kesalahan, tentunya tidak semua bagian kode program harus di beri pernyataan OnError. Artinya ada saatnya kita bisa memanfaatkan fungsionalitas method. Sebagai contoh sederhana, ketika ingin melakukan verifikasi terhadap suatu array, akan lebih baik menggunakan IsArray disbanding mendefinikan On Error sebelum kode verifikasi

Bagaimanapun juga, mekanisme penanganan kesalahan memerlukan tambahan alokasi memori. Artinya ,penggunaaan pernyataan On Error berbanding lurus terhadap waktu eksekusi . dengan kata lain, semakin banyak blok On Error di suatu kode program , maka juga akan semakin lambat eksekusinya.

Error Handling dengan Visual Basic Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Comments
0 Comments