Cara mengatur waktu dan tanggal dengan Visual Basic



Cara mengatur waktu dan tanggal dengan Visual Basic - Operasi tanggal dan waktu tidak hanya sebatas mendapatkan tanggal dan waktu saat ini (Current date/time). Anda mungkin juga perlu melakukan operasi – operasi lanjut, seperti mengembalikan tanggal dan waktu, kalkulasi tanggal /waktu dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, berikut tips dalam menyelesaikan operasi seputar tanggal dan waktu.


belajar visual basic

·     Mendapatkan tanggal dan waktu. Untuk mengetahui informasi mengenai tanggal dan waktu saat ini, lazimnya kita menggunakan method Now. Sebagai alternative, anda bisa memanfaatkan property Date dan Time untuk mendapatkan tanggal dan waktu.
‘ Mendapatkan current date dan time
Print Now         ‘ Tanggal dan waktu
Print Date        ‘ Tanggal
  Print Time         ‘ Waktu
Pembentukan dari Ekstraksi .Apabila anda tdak ingin mendapatkan tanggal yang lengkap dari pendekatan sebelumnya, anda bisa membentuk sendiri konponen konponen tanggal dan waktu.
‘ Mendapatkan bagian (date/time) tertentu
Print Day(Now) & “-” & Month(Now) “-”   & Year(Now)
Print Hour(Now) & “ : ” & Minute(Now)

Seperti halnya ketika membentuk konponen-konponen tanggal/waktu , ada beberapa pendekatan untuk mengekstrak tanggal dan waktu

‘ Mendapatkan bagian (date/time) tertentu
Print Day(Now) & “-” & Month(Now) “-”   & Year(Now)
Print Hour(Now) & “ : ” & Minute(Now)

Print DatePart (“d”, Now)         ‘ d= day/hari
Print DatePart (“m”, Now)         ‘ m= month/ bulan
Print DatePart (“y”, Now)         ‘ y= tahun/year
Pemformatan tanggal dan waktu. Jika di perlukan , informasi tanggal dan waktu yang telah anda dapatkan bisa di format sesuai dengan kebutuhan . hal ini diwujudkan dengan memanfaatkan method format. 
Print format (Now, “dddd, dd mm yyyy”)

Demikian mengenai materi Belajar Visual Basic 6.0 tentang Cara mengatur waktu dan tanggal dengan Visual Basic 6.0 semoga bermanfaat

Cara mengatur waktu dan tanggal dengan Visual Basic Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Comments
0 Comments